Senin, 12 November 2012

Beijing – Dalam rangka pertemuan para Rektor negara-negara ASEAN dan 3 negara Asia lainnya yaitu; Jepang, Korea Selatan dan China, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ainun Na’im  didampingi oleh Atase Pendidikan KBRI Beijing telah menghadiri pertemuan tersebut yang diadakan  di Beijing, China  pada tanggal 1 Nopember 2012. Pertemuan bertajuk the 1st ASEAN+3 Rector’s Conference yang digagas oleh Sekretariat AUN (ASEAN University Network) yang berkedudukan di Bangkok tersebut diselenggarakan di kampus Peking University.  Pertemuan bertujuan untuk mendorong dialog intensif antar perguruan tinggi negara-negara ASEAN dengan Korea Selatan, Jepang, dan China guna melaksanakan skema kerjasama dalam mempromosikan pendidikan tinggi negara-negara peserta.

Bentuk kerjasama yang dilakukan antara lain adalah upaya mendorong kerjasama antar perguruan tinggi di bidang pengembangan pendidikan dasar di sekolah dasar, peningkatan kualitas pendidikan, pemberian kesempatan yang sama di bidang pendidikan bagi laki-laki dan perempuan, peningkatan propaganda pengajaran dalam bahasa Inggris dan bahasa negara anggota serta pengembangan program beasiswa. Selain itu pertemuan membahas pula upaya untuk meningkatkan pertukaran akademik yang antara lain dapat dilakukan dengan saling pengakuan mata kuliah sejenis melalui transfer kredit mata kuliah di antara perguruan tinggi di kawasan Asia Timur termasuk negara-negara ASEAN.

Hadir dalam pertemuan tersebut Minister MOE RRC; Deputy Secretary General MOE Thailand, Prof. Kamjorn Tatiyakavee; Director of Education, Youth and Training Secretary general ASEAN, Mr. Ky Anh Nguyen; Executive Director AUN (ASEAN University Network), Prof. Nantana Gajaseni; para rektor dari Brunei Darussalam, Kamboja, China, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Selain Sekjen Kemdikbud, delegasi Indonesia yang hadir adalah Rektor UGM, Prof. Pratikno, Pembantu Rektor UI, Dr. Muhammad Anis, Pembantu Rektor UNAIR, Prof. Soejipto Koesno Widagdo dan Direktur Kerjasama luar negeri ITB, Dr. Edwan Kardena.

Dalam pertemuan tersebut negara-negara peserta menandatangani MoU pendirian ASEAN+3 University Network (ASEAN+3 U Net), dan TOR (Term of Reference) serta sepakat untuk melakukan pertemuan rutin setahun sekali dengan lokasi konferensi berpindah-pindah di negara-negara anggota. (sumber: KBRI Beijing)

0 komentar:

Posting Komentar