Selasa, 04 Desember 2012

kisi kisi dalam menghadapi ujian


Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013

Semester Ganjil tahun pelajaran 2012/2013 hampir usai. Tentunya siswa-siswi kelas 6 SD, kelas 9 SMP, maupun kelas 12 SMA/SMK sudah mulai mempersiapkan ujian nasional. Namun hingga saat ini BSNP belum menerbitkan Prosedur Operasional Standar (POS) UN. Hal ini banyak menimbulkan kecemasan oleh banyak pihak mulai dari siswa, guru, dan orang tua.
Ini disebabkan adanya pernyataan dari Bapak Menteri Pendidikan Nasional M Nuh yang menyampaikan bahwa jumlah paket soal untuk UN 2012/2013 ada 20 macam. Kecemasan tersebut bisa anda lihat pada komentar-komentar dari postingan artikel saya UN SMA Tahun Ajaran 2012/2013 Jadi 20 Paket dan Hasil UN Untuk Seleksi Masuk PTN. Hal ini saya anggap wajar adanya kekhawatiran tersebut, bukannya siswa tidak sanggup untuk mengikuti ujian nasional namun yang menjadi kegelisahan adalah adanya standar yang sama untuk semua sekolah di Indonesia.
Bisa dibayangkan, dalam satu kabupaten/kota saja ada bermacam kategori sekolah mulai dari sekolah yang katanya RSBI sampai dengan sekolah yang belum berstandar. Namun untuk kelulusan dari ujian nasional sama, apa ini adil ?? Apalagi kalau ruang lingkupnya adalah Indonesia…
Namun para siswa tetap harus siap untuk menghadapi ujian nasional tahun ini, walaupun POS UN 2012/2013 belum ada hingga saat ini paling tidak BSNP sudah mengeluarkan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2012/2013 mulai dari tingkat SD, SMP, maupun SMA/SMK. Minimal ini sebagai modal para siswa untuk mempersiapkan lebih awal dalam menghadapi ujian nasional. Dan sepertinya siswa tidak perlu khawatir yang berlebihan, walaupun soalnya ada 20 paket melihat kisi-kisi untuk tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar